Kota Makkah

Makkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah tepatnya pada koordinat21°25′24″LU,39°49′24″BT. Koordina t: 21°25′24″LU,39°49′24″BT. Kotanya merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung gunung dengan bangunan Ka’bah sebagai pusatnya. Dengan demikian, pada masa dahulu kota ini rawan banjir ketika musim hujan tiba. sebelum akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini dan merenovasi kota ini. Seperti pada umumnya kota kota di wilayah Arab Saudi, kota ini beriklim gurun.
Kota Makkah dikenal sebagai kota dagang, pada masa lalu dikenal dengan jalur perdagangan antara Yaman-Makkah-Madinah-Damsyiq (Damaskus) dengan penghasilan sekali pemberangkatan kafilah mencapai 600.000 pound. Selain dikenal kota dagang, ekonomi juga bertumpu dengan pertanian dan peternakan serta pelayanan jasa untuk jemaah haji diantaranya usaha perhotelan dan penginapan.

Makkah adalah kota pertama kali yang ada di muka bumi, karena disinilah manusia pertama Nabi Adam diturunkan dan hidup bersama pasangannya Siti Hawa. Dari sinilah keturunan anak manusia itu berkembang ke segala penjuru dunia. Ketika Nabi Adam pertama kali tinggal di sini, beliau meminta kepada Allah agar di selamatkan dari godaan iblis yang telah mencelakakannya di surga. Do’a Nabi Adam terkabul, kemudian para malaikat turun ke bumi mengelilingi tempat Nabi Adam untuk menjaga agar iblis tidak dapat mencapainya, lantas tempat para malaikat berjaga itulah yang kemudian menjadi batas Tanah Haram.

Makkah sebagai Tanah Haram sampai tahun 8 H (623 M) masih boleh ditempati atau dikunjungi oleh non muslim. Tetapi karena orang-orang kafir banyak melakukan tindakan-tindakan munafik, maka pada tahun 9 H berdasarkan firman Allah SWT mereka sama sekali dilarang masuk Makkah, sebagaimana firman-Nya: “Hai orang-orang yang beriman sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini! (9H)” (Q.S.At-Taubah: 28)

Umroh Umrah Pekalongan 0858 6961 9478Kota Makkah akan terus berkembang, namun Tanah Haram atau Tanah Suci Makkah tidak akan ikut berkembang karena batasnya sudah ditentukan yaitu dari Arah Utara Masjidil Haram 7 km, Arah Selatan Masjidil Haram 13 km dan Arah Barat masjidil Haram 25 km.Disinilah  Ka’bah dan Masjidil Haram ditempatkan oleh Allah SWT, disini pula Adam dan Hawa dipertemukan dan yang lebih penting lagi, disini pula hewan buruan tidak boleh di buru, pepohonan tidak boleh di rusak, tanah dan batunya tidak boleh di bawa keluar dan orang non muslim dilarang masuk.

Makkah sebelum Islam, tidak disebut-sebut sebagai kerajaan melainkan sebagai tempat suku-suku Quraisy, yang sewaktu-waktu dimusim panas pindah ke Syam (Suriah) dan pada musim dingin ke Yaman. Tetapi pada waktu itu kaum Quraisy sudah mengatur hal-hal menyangkut tugas-tugas mengurus jama’ah haji yang datang ke Makkah. Kira-kira 2 abad sebelum hijrah jabatan itu di pegang oleh Qushay bin Kilab, kakek Rasulullah SAW kelima, leluhur Nabi ini bertanggung jawab atas urusan Hijabah (memegang kunci pintu Ka’bah), Siqayah (mengawasi mata air zam-zam), Rifadah (menyediakan makanan bagi tamu), Nadwah (memimpin rapat antar suku), Liwa (mengatur panji-panji perang) dan Qiyadah (memimpin pasukan perang).

Untuk Pendaftaran Umroh
silahkan menghubungi Bp. FARID HASAN FUAD
Alamat : samborejo-Tirto-Pekalongan-Jawa Tengah
No. HP 0858 6961 9478

Iklan
Pos ini dipublikasikan di artikel, Cara berumroh, Umroh Murah Pekalongan, Umroh Pekalongan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s